Prospek Kerja Jurusan Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik

Prospek Kerja Jurusan Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik

Prospek Kerja Jurusan Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik – Jurusan Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik adalah cabang ilmu kedokteran yang berasal dari kata Yunani yaitu “Plastikos” yang artinya untuk membentuk ataupun mencetak. Ruang lingkup bedah plastik rekonstruksi dan estetik ini meliputi bidang rekonstruksi (kraniomaksilofasial, luka bakar dan luka, rekonstruksi bedah mikro dan onkoplasti, bedah tangan, genitalia eksterna, dan estetik lanjut).

Secara umum, bedah plastik merupakan cabang ilmu kedokteran yang berfokus pada perbaikan jaringan tubuh dan juga kulit yang rusak ataupun cacat akibat kondisi tertentu, misalnya saja kecelakaan, luka bakar, tumor, dan lainnya. Selain untuk kebutuhan klinis, bedah plastik juga bisanya kompeten untuk mengubah bagian tubuh agar terlihat lebih estetik atau menarik.

Prospek Kerja Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik

DOKTER BEDAH

Bertugas untuk mmengobati penyakit, cedera, atau kondisi gawat darurat pada tubuh melalui metode bedah (operatif) dan obat-obatan. Selain itu, Dokter Bedah juga bertanggung jawab untuk melakukan diagnosis sesuai keahlian dan ilmu yang dimiliki untuk menentukan perlu atau tidaknya prosedur bedah dilakukan.

DOKTER BEDAH PLASTIK

Bertugas untuk mengubah bagian tubuh tertentu agar tampak semakin menarik,serta melakukan perbaikan jaringan tubuh atau kulit yang rusak dan cacat akibat kondisi tertentu, misalnya luka bakar, kecelakaan, tumor, dan penyakit bawaan sejak lahir.

KONSULTAN LUKA DAN ONKOPLASTI

Dokter bedah plastik yang lebih fokus untuk mendalami ilmu penanganan luka dan perbaikan jaringan tubuh setelah operasi pengangkatan tumor atau kanker. Misalnya, untuk prosedur rekonstruksi payudara setelah operasi pengangkatan payudara.

Universitas Jurusan  Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik

Berikut ini adalah list universitas terbaik untuk Jurusan Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik di Indonesia:

  1. Universitas Airlangga
  2. Universitas Padjadjaran
  3. Universitas Indonesia
  4. Universitas Gadjah Mada

Keahlian Jurusan Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik

✓ Kemampuan melakukan observasi
✓ Kemampuan melakukan analisis
✓ Kemampuan berpikir kritis dan terstruktur
✓ Kemampuan problem solving
✓ Keterampilan komunikasi
✓ Detil, Teliti, Tekun

Kemajuan ilmu pengetahuan dan juga teknologi kedokteran di bidang ilmu bedah adalah salah satu jawaban terhadap perkembangan masalah penyakit bedah, kompleksitas dan juga kerja sama interpersonal dalam manajemen bedah, sudah menghasilkan pendalaman ilmu serta teknologi bedah, sehingga berkembanglah profesi dokter subspesialis ini.

Selain itu, transisi epidemiologi, sosio-ekonomi, dan juga sistem kesehatan dengan perkembangan serta jangkauan berbagai macam klasifikasi rumah sakit juga sudah menjadikan tuntutan masyarakat atas pelayanan yang berteknologi tinggi dan juga berkualitas sebagaimana bisa dilaksanakan melalui pelayanan sub spesialisasi bedah.